19 September, 2008

Sony Vaio is my Dreams (kisah perjalananku)


Add to Technorati Favorites
Mungkin judul diatas kelewat ektrim ya mengingat aq mempunyai laptop, juga terhitung baru. Dan itupun juga barang seken.berawal dari makin banyak nya mata kuliah yang harus aq tempuh.maka kegiatan memgerjakan tugas alias ketik mengetik juga semakin padat, hal itulah yang membuatku memutuskan untuk mencari sebuah laptop, meskipun aku sadar uang tabungan yang aku punya masih jauh dari cukup, tentunya laptop yang aq beli juga menyesuaikan dengan kantong alias harus terima kalau harus membeli laptop seken.
Itu pun uangku masih belum cukup juga, ya.. beruntunglah ada teman yang minjemi (ngutang niye…) ya.. begitulah kalau orang baik itu memang banyak yang kasih utangan…. He…he.. he…singkat cerita lewat proses hunting, gerilya dan puasa(takut uangnya gak cukup jadi jajannya diirit) akhirnya idolaku ketemu juga. aku berhasil mendapatkan laptop “SONY VGN S270B” agak kuno sih… memang dengan prosesor centrino 1,8GHz, hardis yang hanya 60G dan Ram 512mb.dengan harga 5 jutaan. Tapi bagi aku itu lebih dari cukup (maksudnya cukup dikantong dan cukup dihati) akhirnya akupun bisa tidur dengan nyenyak karena dapat teman baru.
Lho….kok DVD driveku rusak….!
Walau terhitung seken laptop yang kau pakai ternyata masih lumayan. Ini terbukti waktu pemakaian batrai yang relative panjang (klo cma untuk ngetik – ngetik bisa sampai 3 jam pemakaian) itu mungkin terjadi karena efisiensi batrei oleh system yang ada pada laptop, seperti pengaturan layar dan pengaturan waktu standbye.dan yang lebih menyenagkan laptop tidak cepat panas (maaf bukan promosi lho).
Ceritaku ini berawal dari hobiku yang selalu ingin oprex oprex computer entah kesalahan apa yang telah aku perbuat(mungkin karena driver DVDnya tak Update) maka tiba tiba DVDku tidak bisa aku pakai, celakanya lagi. Pada mycomputer drive dvdromnya gak mau keliatan, meskipun waktu saya liat di device manager kliatan tapi ada tanda ”seru” dan berwarna kuning.tka unnistal trus tak detec hardware hasilnya masih sama.tak coba dilinux aja, ah pikirku dilinuk mungkin bisa.maka aq masuk ke seting bios trs first bootnya tak ganti opticaldrive. Trus tak cek drive dvd di bios juga masih ada terus tekan F10 simpan kluar deh, aq siap nginstal linux.tapi apa yang terjadi….celaka dua belas.. linux OS2007 yang ada diDVD sama sekali tidak terbaca. Matex …… aku, mosok diluar system windows Live CD Linuxku ndak terbaca ini ya.. ndak bisa format ulang .. wong DVDnya gak bisa baca.apa memang DVD pada laptopku rusak ya…pusing.. ! akhirnya dengan tidak berputus asa dan bedo,a kepada allah yang maha esa serta kerja sama dengan mbah google. Akhirnya masalahnya terselesaikan juga.ini lho resepnya tulisan dari mas Aman kalau tidak salah.
1. Buka regedit: -> click Run -> Ketik regedit -> Enter
2. Di dalam registry editor, cari -> + HKEY_LOCAL_MACHINE -> + SYSTEM -> + CurrentControlSet -> + Control -> + Class -> + {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
3. Click bagian ini, lihat sebelah kanan, ada: -> Upperfilters -> Lowerfilters -> Click kanan pada masing-masing, -> Delete dan Yes.
4. Tutup registry editor. 5. Hapus CD Driver kita dari Device Manager: -> click start -> click kanan My Computer dan click properties -> click hardware tab -> click device manager -> click plus sign next to DVD/CDROM Drives -> double click pada masing-masing -> click driver tab, dan -> uninstall. 6. Reboot
Akhirnya permasalahanku terselesaikan juga. Jebulnya laptop idolaqu gak rusak hanya nagmbek karena aq salah uthek – uthek. Buat teman – teman, kalau mungkin mengalami pengalaman ini silahkan deh dicoba…..! selamat ya.. tunggu kisahku berikutnya…!



5 komentar:

  1. hehehhehe saya aja pengen punya laptop tapi uangnya lum cukup hix hix hix.....

    BalasHapus
  2. Kalo saya laptop impiannya thinkpad X61...super keren dan worth the price lah...

    Dimas

    BalasHapus
  3. Saya maunya macbook air...huhuhuuu...kapan yah bisa tercapai?

    BalasHapus
  4. w jga punya sony vaio s270b
    tp bru d instal ckrng w cari cd driver nya ,,,,,,,pusing neh w!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Dalam hidup pada hakekatnya adalah untuk terus belajar, jadi sumbang saran dan tanggapan anda sangat saya butuhkan, untuk bisa saling berbagi dan mengisi...