19 September, 2008

How to connect internet (koneksi internet Hp cdma dilinux OS 2007)

Sebetulnya saya malu untuk menulis artikel ini, karena saya masih betul betul awam di Linux, karena itulah saya menggunakan linux OS 2007, yang tampilan dan menu – menunya tidak jauh – jauh dari window.saya yakin banyak kekurangan dari artikel saya ini

karena itu saran dan masukan dari teman teman sangat saya butuhkan.

Memulai instalasi internet.

Pada konsol ketik perintah dmesg lalu tekan enter maka akan muncul dimana posisi kabel itu berada.(usb 1 – 1: ark3116 converter now attached to ttyusb0)

Setelah mengetahui posisi kabel maka bukalah aplikasi kpp.(pc _ internet – remote access – kpp. Maka jendela kpp akan terbuka, tekan configure. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mengkonfigure modem. Caranya pada kpp configuration tekan modem – new(akan muncul new modem).pada modem name isi dengan nama modem(CDMA pa apa sesuai selera) pada modem device pilih /dev/tty/usb0 (disesuaikan dengan apa yang dari konsol), pada flow control biarkan tetap pada posisi Hardware (CRTSCTS), line termination pilih CR/LF, conection speed ganti dengan 230400.selanjutnya tekan tab modem – tekan modem commands, pada initialization string 2 isi dengan AT+crm=1 terus klik tombol OK, demikian pula pada jendela edit modem juga klik tombol OK. Untuk mengecek seting modem sudah berhasil atau belum, pada jendela kpp configuration tekan modem pilihlah nama modem yang telah dibuat tadi kemudian klik edit. pada jendela edit modem tekan modem selanjutnya tekan Query modem (jika setingnya sudah benar dan sukses maka akan terdeteksi jenis HP cdma anda yang terhubung ke kabel DKU5).jika belum terdeteksi cek ulang seting yang anda buat.

Langkah yang kedua yaitu seting acoounts. Pada jendela kpp configuration tekan accounts – klik new – muncul jendela create new account kpp tekan manusa set up muncul jendela new account kpp. Pada tab dial isi conection name dengan nama operator(starone atau apa sesuai selera). Pada phone number tekan add, isikan #777 pada enter phone number. Selanjutnya klik OK. Pada jendela kpp configuration tekan OK.

Untuk selanjutnya langkah terakhir yaitu mengisi login ID dan password, untuk langkah ini sama seperti pada windows, yaitu di isi sesuai dengan operator masing – masing. Misalnya memakai starone berarti Login ID nya diisi dengan starone dan passwordnya diisi dengan indosat.selanjutnya tinggal tekan connect maka anda siap untuk berinternet.sebagai catatan untuk anda kalau mengalami masalah dengan koneksi lakukan selalu langkah Querry modem. Kalau Hp anda sudah terdetec, tinggal dioke. Ulangi untuk dialing maka dijamin deh berhasil… selamat mencoba yaaa….





2 komentar:

  1. salam kenal mas...
    artikel bagus mohon ijin koleksi ya..

    BalasHapus
  2. salam kenal mas...
    artikel bagus mohon ijin koleksi ya..

    BalasHapus

Dalam hidup pada hakekatnya adalah untuk terus belajar, jadi sumbang saran dan tanggapan anda sangat saya butuhkan, untuk bisa saling berbagi dan mengisi...