29 November, 2008

Mengatasi ”computer yang hang”

komputer

Tanpa kita sadari computer sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Itu sangatlah beralasan karena banyanknya fitur dan kemudahan yang bisa di dapat dari computer, mulai dari kegiatan yang ada hubunganya dengan pekerjaan seperti ketik mengetik, sampai pada hal – hal yang sifatnya hiburan seperti mendengarkan music ataupun bermain game

karena kelebiahannya yang multi fungsi inilah computer sangat dicintai penggunanya.

Seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, begitu pula yang terjadi pada computer, dibalik kelebihan – kelebihan yang ia miliki ternyata ada hal – hal yang terjadi pada computer yang kadang – kadang membuat kita jengkel bahkan pusing kepala. Bayangkan saja ditengah tengah kita mengerjakan tugas, atau mendengarkan music, bermain game tiba – tiba layar kumputer kita ”bengong” dan celakanya untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan, juga tidak bisa.

Bagi para pemakai computer yang selalu menggunakan product terbaru mungkin kejadian ini jarang terjadi, tapi kalau computer yang dipakai notabene computer yang sudah uzur usianya, kebiasaan ini sudah menjadi tradisi. Lho.. kok tradisi tho...? Iya... lagu wajib karena seringnya macet alis ngambeg alias mogok.

Computer yang “hang” lebih banyak terjadi karena si computer ini tidak mampu menjalan kan perintah yang kita berikan. Kok.. seperti manusia saja kalau kebanyakan diperintah, trus ngambeg gak mau bekerja..! Yaap.. bener..hampir seperti itu. Karena banyaknya aplikasi yang kita buka maka computer tidak sanggup menjalankan.. jadinya macet deh....!

Trus.. apa yang mesti kita lakukan kalu computer hang? Sebetulnya simple saja.. yang menyebabkan hang kan karena kebanyakan pekerjaan, jadi cara mengatasinya, kurangi pekerjaannya.kalau mouse sudah ikutan mogok, gunakan saja keybord dengan menekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan maka jendela task manager akan muncul, pada tab application akan kelihatan aplikasi apa saja yang sedang berjalan(running) dan aplikasi apa saja yang mogok(not responding).langkah selanjutnya pilih aplikasi yang mogok tadi, tutup aplikasinya dengan menekan tombol “end task” trus jika ada jendela end program tekan “end now” jika aplikasi yang mogok tadi sudah bisa ditutup maka computer bisa bekerja seperti biasa. Selamat mencoba.

8 komentar:

  1. komputerku lambat untuk akses internet, padahal pake spedy. apanya yang hang ya..

    BalasHapus
  2. bos saya sering mengalami kaya gitu, tapi komputer ane kagak jadul2 amet lah, trus saya coba dengan crtl + alt + del tapi kok malah muncul pesen TAsk Manager is disable, maksudnya gimana, and caranya men eble task manager? travel blog.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas inf nya mas, bermanfaat buat komputer teman ku yan sedang hang

    BalasHapus
  4. thanks to infonya yha,,,saya tidak pernah mengalami heng jadi saya tidak bisa comment,,he

    BalasHapus
  5. thanks to info ya,,,ney bermanfaat bagi saya,,,,

    BalasHapus
  6. kalo hang nya karna kena virus solusinya gmna ??? Thank untuk infonya,

    BalasHapus
  7. untuk saat ini komputerku siech gak pernah hang, lo gtu thank ya atas info yang bermanfaat ini.. salam,,,,

    BalasHapus
  8. maaf diluat kontek ttg komputer hang.Idm ku dah gak aktif, untuk membeli baru blm ada dana. apakah ada solusi lain.....

    BalasHapus

Dalam hidup pada hakekatnya adalah untuk terus belajar, jadi sumbang saran dan tanggapan anda sangat saya butuhkan, untuk bisa saling berbagi dan mengisi...